Me....

Minggu, 03 April 2011

Sistem Operasi & Linux

Hallo.....!!!
Di semester ini saya mendapat mata kuliah Sistem Operasi. Dan dalam postingan kali ini saya akan berbagi info mengenai Sistem Operasi dan Linux...

SISTEM OPERASI

Definisi Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Saat ini banyak macam-macam sistem operasi yang bisa kita jumpai di pasaran diantranya yaitu Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.

Manfaat Sistem Operasi:

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Manfaat sistem Operasi yaitu :
1. Sharing resource
Walaupun perangkat sekarang sudah memiliki kemampuan yang cepat dalam proses-proses komputasi, atau misal dalam mengakses data, tetapi pengguna masih saja menginginkan sistem berjalan dengan lebih cepat. Apabila hardware terbatas, kecepatan yang diinginkan user dapat diatasi dengan menggabung perangkat yang ada dengan sistem DOS (Distributed Operating System).
2. Waktu Komputasi
Salah satu keunggulan sistem operasi terdistribusi ini adalah bahwa komputasi berjalan dalam keadaan pararel. Proses komputasi ini dipecah dalam banyak titik (nodes), yang mungkin berupa komputer pribadi, prosesor tersendiri, dan kemungkinan perangkat prosesor-prosesor yang lain. Sistem operasi terdistribusi ini bekerja baik dalam memecah komputasi ini dan baik pula dalam mengambil kembali hasil komputasi dari titik-titik cluster untuk ditampilkan hasilnya.
3. Reliabilitas
Fitur unik yang dimiliki oleh DOS ini adalah reliabilitas. Berdasarkan design dan implementasi dari design sistem ini, maka hilangnya suatu node tidak akan berdampak terhadap integritas system. Hal ini berbeda dengan komputer personal, apabila ada salah satu hardware yang mengalami kerusakan, maka system akan berjalan tidak seimbang, bahkan sistem bisa tidak dapat berjalan atau mati. Dalam sistem operasi terdistribusi tadi sebenarnya cara kerjanya mirip dengan personal computer, tetapi bedanya apabila ada node yang mati, maka akan terjadi proses halt terhadap node tersebut dan proses komputasi dapat dialihkan. Hal ini akan membuat sistem DOS selalu memiliki reliabilitas yang tinggi.
4. Komunikasi
Sistem operasi terdistribusi biasanya berjalan dalam jaringan, dan biasanya melayani koneksi jaringan. Sistem ini biasanya digunakan user untuk proses networking. User dapat saling bertukar data, atau saling berkomunikasi antar titik baik secara LAN maupun WAN. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

LINUX

Dunia Linux adalah dunia yang sangat menyenangkan. Memang linux belum dikenal oleh sebagian orang indonesia, akan tetapi di dunia usaha linux sudah menjadi makanan sehari-hari. Linux adalah SO yang baik, hal ini karena SO dari linux ini tahan akan yang namanya virus. Walaupun suatu folder yang telah kita copy mengandung atau terinfeksi oleh virus, maka virus tersebut tidak akan menyebar pada folder dan juga file yang lainnya yang ada di komputer tersebut. Hal inilah yang membuat para pengusaha membuat dan menggunakan linux dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu juga linux adalah sistem yang keamanannya di jamin dan terjamin. Hanya pemilik dan yang diberi akses oleh pemiliknya lah yang bisa mengutak-atik isi dari komputer linux tersebut, dan yang tidak di berian akses/izin maka ia hanya bisa menggunakan linux sebagai User saja.
Sejarah tentang linux sendiri berasal dari sebuah proyekhobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds. Ia memperoleh incpirasi dari minix yang merupakan swbuah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. linux yang pertama dikerjakan sekitar bulan agustus 1991. Pada tanggal 5 Oktober 1991 linus mengumumkan versi resmi linux yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan Bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
Sekarang linux sudah mengalami kemajuan, bisa digunakan untuk jaringan (networking) dan lainnya. Linux merupakan SO yang murah jika dibandingkan dengan SO/OS komersila lainnya dan dengan kemampuan linux yang setara atau bahkan lebih dari SO/OS yang lainnya. Linux dikembangkan di platform berikut ini:
• Intel 80386/486/586/686 Pentium (Pro, II, III, dan Pentium 64 bit), juga AMD dan Cyrix serta prosesor yang setara.
• Sistem PC dengan multiprocessor simetris, laptop dan note book.
• Digital Alpha.
• Sun SPARC 64 bit.
• Motorola 64k.
• Macintosh, PowePC.
• Amiga.
• Atari.
• MIPS, dan banyak lagi.
Walaupun linux bukan sistem UNIX yang resmi, tetapi linux mempunyai dasar warisan , budaya,arsitektur dan pengalaman sistem operasi UNIX, sebuah sisem operasi yang telah berjalan selama 28 tahun lebih. Sejak munculnya Linux source code (tahun 1991) kernel Linux telah diteliti dan disempurnakan oleh puluhan ribu programer di seluruh dunia.
Sistem Oerasi linux meliputi true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper-memory management, dan multiuser. Linux seperti layaknya UNIX, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Window, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP. Maka bagi yang sudah mengerti dengan linux dan juga tertarik, maka cobalah dan anda akan mendapatkan apa yang anda mau. Selamat mencobanya!!!!!!!!!…………..


3 komentar: